“A disk read error occurred Press Ctrl + Alt + Del to restart”

Posted: May 17, 2010 in Tips & Trik
Tags: , , , ,

“A disk read error occurred Press Ctrl + Alt + Del to restart”


Cara simple untuk mengatasinya adalah sebagai berikut:

Boot CD XP (pengalaman saya pakai XP SP 3)
Tekan R untuk repair yg pertama dan otomatis akan buka recovery console
gunakan command CHKDSK /p tunggu sampai selesai
kemudian gunakan CHKDSK /R tunggu sampai selesai

dari pengalaman langsung bisa masuk windows

kemudian defrag OS Drive (default by C:) untuk mencegah terjadinya error lagi

good luck.

kalo misalnya dari command di atas masih gagal mungkin bisa coba list command di bawah ini:

CHKDSK [volume[[path]filename]]] [/F] [/V] [/R] [/X] [/I] [/C] [/L[:size]]

volume Specifies the drive letter (followed by a colon),
mount point, or volume name.
filename FAT/FAT32 only: Specifies the files to check for fragmentation.

  • /F : Fixes errors on the disk.
  • /V : On FAT/FAT32: Displays the full path and name of every file on the disk. On NTFS: Displays cleanup messages if any.
  • /R : Locates bad sectors and recovers readable information (implies /F).
  • /L:size : NTFS only: Changes the log file size to the specified number of kilobytes. If size is not specified, displays current size.
  • /X : Forces the volume to dismount first if necessary. All opened handles to the volume would then be invalid (implies /F).
  • /I : NTFS only: Performs a less vigorous check of index entries.
  • /C : NTFS only: Skips checking of cycles within the folder structure.

The /I or /C switch reduces the amount of time required to run Chkdsk by
skipping certain checks of the volume.

Semoga Bermanfaat

Sumber : Pengalaman Pribadi, Help Item on CMD, Error Image from sevenforums.com

Comments
  1. wiwid says:

    Mohon mengunduh, soalnya saya jg kena problem ini juga….
    mau saya coba dulu di rumah…^ _^

    Terima kasih banyak infonya..

  2. Agus says:

    Salam kenal mas Husnie..
    saya mengalami persoalan yang sama dengan XP saya, anehnya hanya di jam-jam tertentu (tengah malam s/d pagi hari), setelah lewat pagi hari, booting bisa dilakukan normaly. analisa dangkal saya mengatakan ada yang salah dengan setting BIOS, saya sudah coba utak-atik setting BIOS dan Control Panel, tapi gak ada hasil. Ada saran apa yang harus saya lakukan?

    trims
    Agus

  3. amiex says:

    permisi gan,.. pertanyaan nya ane tambah dikit nih… gimana kalo gak ada CD drive,..? ane pake netbook 10″ nih gan..
    ane dah coba booting lewat flashdisk,.. tapi pesen yg muncul beda lagi,.. “Remove disks or other media. Press any key to restart”.. gitu katanya. solusi laen ada gak ya,.. mohon pencerahan nya yah gan..

  4. Maya Imyutz says:

    gan apa kabar sikontol

  5. Attar Jayadi says:

    nggak bisa masuk ke windows mas.,.,.,
    takutx, hardwarex yg bermasalah,.,..,
    mohon pencerahannya.,.,

  6. epriadi says:

    mohon pencerahan juga mas, saya instal OS XP berhasil sampai format dan setup file2 OS nya. setelah itu kan lagngsung restar, habis restar bukan nya nyambung instal OS malah yang muncul bacaan ini “A disk read error occurred Press Ctrl + Alt + Del to restart “.
    gimana ya mas mengatasi hal tersebut. saya sudah lakukan ulang instal kelangkah awal, baik itu lewat CD, Flashdisk. dan saya coba dengan OS 7 juga. tapi setelah restar bacaan di atas yang muncul. Mohon pencerahan nya y mas …

  7. bimbimbim says:

    windows xp susah amet, klo win7 mah auto checking, tapi PC kantor ane masih jadul ga sanggup pake windows 7😀

    THAX, doakan saya semoga berhasil ..

  8. hendrik says:

    mas mohon pencerahannya, saya sudah ikutin langkah2 nya sampai “..Tekan R untuk repair yg pertama dan otomatis akan buka recovery console
    gunakan command CHKDSK /p tunggu sampai selesai” dan sekrang sudah 50% completed. tapi tidak jalan2

  9. dio harry says:

    thank you
    is good

  10. budi says:

    gimana mo ngeboooting lewat CD
    masuk aja ga bisa

  11. rendi says:

    iseng2 berhadiah ternyata 100% work

    thanks

Leave a Reply

