Memindah Symantec Antivirus Corporate Edition Parent Server Dari Satu Server ke Server Lain

Posted: July 7, 2009 in Antivirus

Mengapa harus di pindah?

Sebagai informasi bahwa satu parent server optimalnya hanya mampu mendeploy VDF ke 1000 SAV klien. Tapi dalam kondisi tertentu tidak masalah melebihi angka itu. Cuma kurang optimal, kata orang Support dari Singapore, He he… Nah untuk mengatasi issue tersebut di perlukan satu strategi agar deployment VDF dalam suatu jaringan memnjadi optimal. Strategi apakah itu? (5 menit) Yups benar sekali yaitu dengan cara pemindahan parent server, dengan anggapan sudah ada server yang available untuk pemindahan, Eits!! bukan servernya yang di pindah tapi hanya konfigurasi di kliennya.. He He…

Bagaimana Caranya?

Sebenarnya mungkin ada banyak cara, tapi kebetulan yang aku tahu baru Tiga cara sebagai berikut:

1. Pemindahan Parent Server Dengan menggunakan Symantec System Center Console

Caranya sangat mudah yaitu dengan men Drag SAV klient dari server lama ke server yang baru.

2. Pemindahan Parent Server Secara Manual di SAV kliennya

  • Copy file konfigurasi “GRC.DAT” dari Symantec Antivirus Server Program Folder. Default lokasinya ada di <OS drive>:\Program Files\SAV atau di <OS drive>:\Program Files\SAV\Symantec AntiVirus.
  • Di Komputer klient, paste file GRC.DAT tersebut ke direktoriĀ  C:\Documents and Settings\All Users\Application Data\Symantec\Symantec AntiVirus Corporate Edition\7.5
  • Setelah beberapa menit, SAV klient akan mengkonfigurasi secara otomatis, dan akan mendelete secara otomatis juga GRC.DAT yang telah kita paste. Jika GRC.DAT sudah hilang coba cek ke interface SAVCE nya, harusnya sudah berubah parent servernya. Jika belum berubah juga coba restart computernya dan cek lagi.

3. Jika dari 2 cara di atas masih bandel gak mau pindah parent server, mari kita coba jurus andalan yakni kita paksa (force) melalui registry

  • Buka Registry Editor, Masuk ke sini: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\INTEL\LANDesk\VirusProtect6\CurrentVersion\ProductControl
  • Di panel Regedit sebelah kanan klik double ReloadRootCertNow Ubah valuenya menjadi angka “1”.
  • Di panel Regedit sebelah kanan klik double ReStartPongEngineNow Ubah valuenya menjadi angka “1”.
  • Keluar dari Regedit, Restart Computernya

Nah dari ketiga cara ini jika masih membandel tidak mau pindah parent servernya, coba di uninstall SAV nya menggunakan NONAV agar registrinya bersih, baru di install kembali. dan coba ulangi dari step kedua.

Aku bukan ahli atau praktisi handal Hanya ingin sharing yang aku tau saja, Harap koreksi aku jika ada yg salah

Sumber dari Service Center Symantec Web

*Happy Blogging

Tulisan Terkait:

Bagaimana Cara Update Manual Symantec Antivirus Corporate Edition

Bagaimana Cara Memanage Antivirus di suatu Jaringan Besar

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s