20 TIps Registry

Posted: June 21, 2009 in Tips & Trik
Tags: , , , ,

20 TIps Registry Sangar & Keren (More Awesome)

Screenshot Registry Editor di Windows XP

Screenshot Registry Editor di Windows XP

Registry dilengkapi dengan berbagai pengaturan yang bermanfaat untuk ningkatin kinerja, memperbaiki lubang keamanan, dan bahkan mengubah basis fundamental Windows untuk bekerja lebih baik dan sangar. Tapi kamu tetep perlu berhati-hati, jangan asal edit settingannya karena gak hanya fitur yang membantu tapi juga banyak perangkapnya yang justru membuat komputer loe jadi gak karuan.
Jadi sebelum kamu ubah-ubah settingan registrinya ada baiknya kamu backup dulu, caranya mudah tar gw bikin tulisan tentang itu di tulisan gw berikutnya.

Berikut ini tips-tips edit registry biar komputer kamu jadi sangar:

1. Tingkatkan Keamanan

Seseorang yang tidak diinginkan bisa dengan mudah mengambil data Kamu dengan USB apabila ia berhasil mengakses PC Kamu secara fisik. Jika Kamu menggunakan Windows XP2 atau versi sesudahnya, ada sebuah cara sederhana untuk mencegahnya.

Masuk ke “HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies”, buatlah sebuah nilai DWORD yang disebut “WriteProtect” dan atur pada nilai “1”. Anda akan bisa membaca drive USB, tetapi tidak bisa memindahkan data ke dalamnya lagi.

2. Kendalikan UAC

Kendali Akun Pengguna milik Vista sangat sering memunculkan peringatan-peringatan yang akhirnya dimatikan oleh para pengguna. Tapi, kadang justru membuat mereka kelewatan fitur-fitur yang bermanfaat seperti mode perlindungan untuk IE. Kamu bisa mengendalikannya dengan cara menonaktifkan peringatan bagi administrator, jadi Kamu tidak perlu terganggu, namun UAC tetap bekerja pada latar belakang dan Anda masih bisa mendapatkan fitur-fiturnya.

Untuk melakukan ini, masuk ke “HKLM\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System\ConsentPromptBehaviorAdmin“, dan atur nilainya menjadi “0”. Untuk mengembalikannya ke kondisi normal, atur nilainya menjadi “2”.

3. Ubah Pemilik

Instalasikan Windows pada PC dan Kamu pasti akan diminta untuk memasukan nama, yang kemudian akan disimpan sebagai pemilik yang terdaftar (jalankan WinVer untuk melihat ini pada sistem Kamu). Jika Kamu membeli sebuah komputer bekas, mungkin Kamu ingin mengganti nama pemiliknya dengan nama sendiri. Hmm..tak ada cara lain selain dengan Registry.
br>Masuk ke dalam “HKLM\SOFTWARE\Microsoft\WindowsNT\CurrentVersion” dan akan melihat dua kalimat “RegisteredOwner” dan “RegisteredOrganization“. Klik ganda pada keduanya untuk mengganti.

4. Mengurutkan File dengan Benar

Mengurutkan nama file pada Explorer bisa menjadi suatu masalah. Pengaturan awal, ia akan menempatkan “File_v2.txt” sebelum “File_v15.txt”, dan itu bukanlah urutan ASCII, tetapi terlihat lebih masuk akal. Tetapi, bagaimana jika “v” merujuk kepada nomor versi, dan seharusnya “File_v15.txt” di urutan terdahulu? Pada saat ini, sistem awal Explorer tidak bisa bekerja sama sekali.

Untuk mengembalikan pengurutan berdasarkan ASCII yang biasa, masuk ke “HKLM\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer“, buatlah nilai DWORD yang disebut “NoStrCmpLogical” dan atur nilainya menjadi “1“. Hapus kode tersebut jika ingin kembali ke kondisi awal Explorer yang standar.

5. Troubleshoot Startup

Jika Windows membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk start up maupun shut down, kemungkinan ia sedang memiliki maslah. Untuk mengetahui apa yang sedang terjadi kembali masuk “HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System“, buatlah sebuah nilai DWORD yang disebut “verbosestatus” dan atur nilainya menjadi “1“. Restart PC Anda dan Windows akan memberitahu Kamu apa yang sedang terjadi.

6. Mengatur Tipe-Tipe Folder

Explorer milik Vista akan secara cerdas memilih tipe folder Kamu berdasarkan isinya. Tetapi, hal ini berarti folder download Kamu akan berubah menjadi folder musik jika Anda mengunduh beberapa MP3. Untuk memperbaiki ini, masuk ke dalam “HCU\Software\Classes\LocalSettings\Software\Microsoft\Windows\Shelf“, hapus subkey “Bags” dan buat yang baru pada lokasi yang sama.

Buatlah kunci bernama “AllFolders” di bawah Bags, dan kunci lain bernama “Shell” di bawahnya lagi. Kemudian klik padanya untuk membuka “HCU\Software\Classes\LocalSettings\Software\Microsoft\Windows\Shell\Bags\AllFolders\Shell“. Klik kanan pada bagian kanan panel, pilih “New | String Value” dan namakan ini “FolderType“. Kemudian, klik ganda pada FolderType dan atur nilainya menjadi “NotSpecified“. Anda masih bisa mengubah tipe folder, tapi Vista tidak akan mengubahnya secara otomatis. (Jika Kamu penasaran tentang ini di Vista, klik di sini)

7. Enkripsi dengan Mudah

Beberapa versi Windows memungkinkan untuk mengenkripsi file, walaupun prosesnya agak aneh. Kamu harus mengklik-kanan pada file, pilih “properties“, tekan tombol “Advanced, cek “Encrypt contents to secure data“, dan tekan “OK” sebanyak 2x.

Untuk cara yang lebih sederhana, masuk ke “HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\Current\Version\Explorer\Advanced” buat DWORD yang bernama “EncryptionContextMenu” dan atur nilainya menjadi “1”. Sekarang Kamu cukup hanya mengklik-kanan pada file dan pilih “Encrypt“.

8. Akses Folder dengan Cepat

Akses folder dengan cepat dengan memunculkannya pada Start Menu, Ketik “REGEDIT” pada “Run”, masuk ke “HKCR\Folder\shellex\ContextMenuHandlers“, klik-kanan “ContextMenuHandlers” dan klik “New | Key”.

Ketik ” dan tekan [Enter]. Sekarang, tahan [Shift], klik-kanan pada sebuah folder, dan pilih “Pin to Start Menu“.

9. Percepat Waktu Peng-Kopian

Vista memberikan prioritas yang tinggi untuk soundcard Kamu, jadi Anda butuh untuk mendapatkan audio yang bebas dari masalah tanpa peduli apa yang PC Anda sedang proses. Karena hal tersebut bisa memperlambat proses pengkopian pada jaringan.

Untuk memperbaikinya, masuk ke “HKLM\SOFTWARE\Microsoft\WindowsNT\CurrentVersion\Multimedia\SystemProfile“. Coba atur “NetworkThrottlingIndex” menjadi lebih 10 – 50 atau 60 sudah cukup efektif, kemudian reboot dan uji kecepatan jaringan Kamu. Untuk informasi lebih, klik di sini.

10. Perbaiki Listing Drive

Jika Explorer tidak lagi menampilkan DVD drive Kamu, masuk ke “HKLM\System\CurrentControlSet\Control\Class\” dan hapus pengaturan “UpperFilters” atau “LowerFilters”. Tips ini biasanya bekerja, tapi kadang bisa gagal jika memang aplikasi bersangkutan sudah bermasalah dari awalnya. Jika program berhenti bekerja, coba lihat apakah terdapat update, kemudian reinstall

11. Akses Pengaturan Tampilan dengan Cepat

Klik-kanan saja pada desktop Windows Vista tidak cukup untuk membawa Kamu langsung kepada menu pengaturan tampilan. Windows 7 sudah dipersiapkan untuk memperbaiki hal ini. Tapi, untuk sementara Kamu bisa melakukannya dengan masuk ke “HKCR\Directory\Background\Shell“, klik-kanan “Shell”, pilih “New | Key” dan namakan “Display Settings”.

Klik-ganda “(Default)” pada bagian kanan panel dan masukkan “Display Settings” pada kotak Value Data. Sekarang, klik-kanan “Display Settings” pada bagian kiri panel, pilih “New | Key” kembali, dan namakan fungsi ini sebagai “command“.

Klik-ganda pada nilai Default fungsi-fungsi baru tersebut dan masukkan teks berikut ini: “rundll32 shell32.dll,Control_RunDLL DESK.CPL,@0,3“. Klik “OK” dan klik-kanan pada desktop untuk melihat opsi pengaturan tampilan yang baru.

12. Multiple Live Messenger Log-In

Biasanya, Windows Live Messenger (WLM) hanya memungkinkan Anda untuk masuk ke dalam satu akun saja pada satu waktu tertentu. Untuk membuatnya menjadi lebih dari satu, masuk ke “HKLM\Software\Microsoft\WindowsLive\Messenger“, buat nilai DWORD yang bernama “Multiple Instances” dan atur nilainya menjadi “1”. Untuk mengembalikan ke kondisi semula, cukup hapus nilai tersebut.

13. Bersihkan Menu-Menu

Kamu telah meng-unsinstall sebuah aplikasi, tapi ia malah meninggalkan cinderamata berupa ikon-ikon yang tidak berguna. Untuk memperbaiki ini, masuk ke “HKCR\*” dan “HKCR\Directory“. Perlebar panelnya, kemudian pilih “shellex\ContextMenuHandlers” dan lihat berbagai tombol di bawahnya yang berhubungan dengan perintah yang tidak Kamu inginkan.

Pada PC, fungsi “HKCR\*\shellex\ContextMenuHandlers\7-Zip” berhubungangan dengan menu konteks 7-Zip, sebagai contohnya, untuk menghapusnya, klik “Delete” pada bagian kiri panel. Tapi hati-hati, sebaiknya Kamu hanya menghapus jika sudah 100% yakin pada menu yang tepat.

14. Percepat Back-Up

Fitur NTCBACKUP milik Windows XP meningkatkan kinerjanya dengan mempertahankan daftar file sistem yang ia tahu kalau kamu tidak akan mungkin ingin membuat back-upnya. Tambahkan file dan folder yang kamu inginkan sendiri dan dapatkan hasil yang lebih baik lagi.

Lihat daftarnya pada “HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\BackupRestore\FileNotToBackup“.

15. Ubah Folder Instalasi Default

Kebanyakan instalasi default adalah folder Program Files, tapi jika Kamu ingin menggantinya, masuk ke “HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion“, ubah “ProgramFilesDir” menjadi folder pilihan Kamu dan reboot

16. Mengubah Nama Drive

Menambahkan sebuah pembaca kartu memori dan Explorer akan sering kali menghentikan folder komputer yang memiliki nama drive yang mirip. (“Removable Drive D: “, “Removable Drive E: “, dan seterusnya), membuatnya menjadi susah untuk membedakannya.

Anda bisa mengatasinya dengan “HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer“. Buatlah tombol dengan huruf dari drive (sebagai contoh “G”), dan di dalamnya buatlah lagi tombol baru yang bernama “DefaultLabel”. Klik-ganda pada tempat memasukkan nilainya, berilah nama “CompactFlash” (atau apapun sesuka Kamu), dan klik “OK”. Restart Explorer atau tekan [F5] dan lihat perubahannya. Drive G: akan terbaca sebagai “CompactFlash (G:)”.

17. Wipe the Page File

Windows menyimpan memori halaman-halaman pada file paging selama Kamu bekerja. Semuanya terdengar baik, sampai seseorang berhasil mengakses sistem Kamu, menemukan file-file tersebut, dan menambahkan atau justru mengurangi sesuatu yang tidak Anda inginkan.

Untuk mengatasinya, masuk ke “HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\SessionManager\MemoryManagement“, atur nilai “ClearPageFileAtShutdown” menjadi 1 dan reboot. Windows akan menghapus semua file halaman ketika ia dimatikan. Memang memperpanjang durasi dan proses, tapi meningkatkan keamanan.

18. Crash on Cue

Layar biru crash biasanya membawa kabar buruk, tetapi kadang Kamu mungkin ingin memunculkannya untuk menguji laporan eror Windows misalnya. Ternyata trik Registry bisa membantu Kamu bahkan untuk hal yang satu ini.

Masuk ke “HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\i8042prt\Parameters“, buat DWORD bernama “CrashOnCtrlScroll” dan atur nilainya menjadi 1. Reboot komputer, dan untuk meng-crash cukup tahan [Ctrl] kanan dan tekan [Scroll Lock] dua kali. Setelah selesai, pastikan segera menghapus perintah tersebut.

19. Save CPU Time

Sebuah PC standar biasanya memiliki beberapa program yang ingin menggunakan kapasitas prosesor pada saat yang bersamaan, dan Windows akan mengalokasi setiap periode dari CPU time sebuah “quantum” sebuah berpindah ke program yang berikutnya. Secara default, biasanya ini sangat pendek, sehingga PC akan menjadi responsif, tapi terkadang hal ini berarti Windows akan membuat waktu untuk berpindah di antara proses-proses tersebut.

Solusinya? Kamu bisa mencoba apa yang Windows Server lakukan. Atur sistem untuk menggunakan quantem yang lebih lama. Atur “HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\PriorityControl\Win32PrioritySepartion” menjadi 16 (hex).

Quantum yang lebih lama berarti pergantian yang lebih sedikit di antara program jadi lebih sedikit waktu yang terbuang. Kamu bisa memperhatikan kalau lag pada game atau pemutaran video akan menjadi lebih halus. Tapi, jika menemukan masalah lainnya, cukup kembalikan nilai Win32PrioritySeparation menjadi nilai orisinilnya yaitu 26.

20. Non-aktifkan AutoRun

Fitur AutoRun milik Windows merupakan salah satu risiko keamanan yang berpotensi karena ia menjalankan kode secara otomatis ketika menyambungkan alat yang bersifat removable ke dalam PC, misalnya USB Flashdisk. Jika memang, hal tersebut bisa diatur secara manual saja, maka akan lebih aman untuk mematikan fitur tersebut.

Pada beberapa sistem, hal tersebut hanya bisa dilakukan melalui Registry. Masuklah ke “HKLM\SOFTWARE\Microsoft\WindowsNT\CurrentVersion\IniFileMapping” dan buat tombol yang bernama “Autorun.inf”.

Kemudian, klik-ganda pada nilai defaultnya dan masukkan “@SYS:DoesNotExist“. Kemudian hapus “HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\MountPoints2“. Sekarang, Windows tidak lagi menjalankan kode apapun pada CD, DVD, atau portable drive secara otomatis. Kamu harus menjalankannya secara manual.

Untuk sumber artikel dari udaramaya.com atau silakan klik di sini.

Bukan Praktisi Hanya Sekedar Sharing Knowledge, Happy Bloging

Comments
  1. mayur says:

    hi please send me those matter in English \Hindi
    thank you

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s