Manage Antivirus

Posted: January 31, 2009 in Antivirus
Tags: , , , ,

Manage Antivirus

Kebetulan di kantor saya menggunakan Symantec Antivirus (SAV) jadi saya akan sedikit mengulas tentang bagaimana maintenance SAV sistem baik server maupun client. Di tempat kerja saya kebetulan ada 1 main parent server yang berlokasi di Singapore lalu ada secondary parent server di tiap tiap country atau regional dan di bawah secondary parent server ada server – server yang di bawahnya ada sekian banyak client. Kebetulan di Indonesia (kantor saya) ada 19 SAV server untuk regional Indonesia diantaranya ada 1 secondary parent server.

System Antivirus

Main Parent Sever tugasnya adalah mendownload file VDF (Virius Definitions File) menggunakan Live Update dgn koneksi ke internet, dan mendeploy VDF tersebut ke secondary parent server di tiap-tiap regional. dari 2nd parent sever tersebut lalu di teruskan deploy ke sever – server yang lain, kemudian di teruskan ke client client. Sistem secanggih apapun tidak menutup kemungkinan dari problem – problem, Misalnya: sever tidak update otomatis, client banyak yang gak update, antivirusnya Corrupt, dll.  Saya sebagai admin perlu mengontrol aktivitas sistem antivirus tsb. karena client – client yang berjumlah tidak sedikit ini tidak mungkin jika saya mengontrol satu persatu di tiap desktop, maka saya menggunakan tool yang sebenarnya sudah di sediakan oleh symantec, yakni (SSCC) Symantec System Center Console. Dengan SSCC ini saya dapat melihat infrastruktur seluruh server maupun client yang saling terhubung melaui intranet. Dari sini sudah kelihatan gambaran khan bagaimana SSCC memberi kemudahan dalam memaintenance. Untuk lebih detail tentang SSCC kamu bisa klik linknya.

Comments
  1. Tri Mulyanto says:

    Salam mas,

    Di tempat saya pake Symantec Client Security, cara setting parent servernya gmn yach? untuk memastikan bahwa client sudah update bagaimana?

    thanks mas

    -regards-

    • Husnie says:

      setau saya SCS itu sama aja cara manage nya dgn SAV, karena SCF itu SAV yg di tambahi SCF (Symantec Client Firewall). Cara setting parent servernya dengan cara mengkopi file GRC.DAT dari SAV server. ke

      C:\Documents and Settings\All Users\Application Data\Symantec\Symantec AntiVirus Corporate Edition\7.5\

      beserta file .XDB & .VDB nya agar langsung bisa terupdate. Untuk memastikan bisa di lihat pada interface SAV/SCS, jika di sana sudah terlihat nama SAV servernya berarti SCS client nya sudah terkonfigurasi / managed by SAV server. Thx dah mampir

Leave a Reply

